Tips Kesehatan


I. SAAT-SAAT PENTING BAGI ORGAN TUBUH KITA

Menurut metode pengobatan tradisional Tiongkok (Chinese), organ tubuh kita mempunyai waktu–waktu tertentu untuk mengkoordinasi diri, membuang toksin dan memperkuat diri. Ada suatu kesimpulan bahwa tidur lebih awal, bangun pagi hari, dan tidur cukup waktu akan menjadikan badan lebih baik dan sehat karena proses pembuangan toksin dalam tubuh adalah paling sempurna pada saat kita tidur pada waktu-waktu tersebut. Mungkin ada pengecualian dimana beberapa orang tidak mengikuti aturan tidur diata, tapi bisa sehat, ini dikarenakan perbedaan daya tahan tubuh. Namun yang pasti, tidur lebih awal, bangun pagi, dan tidur yang cukup akan memperlancar proses pembuangan racun dalam tubuh, maka orang tersebut akan lebih sehat.

A. Jam 21.00 – 23.00, saatnya kelenjar membersihkan diri dari racun:

  • Saat ini sirkulasi darah paling marak dengan tekanan darah yang agak meninggi, sehingga cocok untuk istirahat di rumah, cocok untuk bersantai di rumah, misalnya: mendengarkan musik, mandi air hangat, merencanakan pekerjaan esok hari atau mengingat-ingat kejadian-kejadian indah yang terjadi pada siang harinya.

B. Jam 23.00 – 01.00 saatnya hati (liver) membuang racun:

  • Dalam keadaan kita tidur lelap, hati (liver) kita membuang racun-racunnya. Jadi bila tidur terlalu malam bisa mengganggu kesehatan hati. Siang jam 12.00-13.00 tergolong tidur ringan (di tengah tidur biasanya banyak mimpi dan sensitive bila keadaan badan kurang sehat, dan bisa terbangun dikarenakan mimpi yang buruk).

C. Jam 01.00 – 03.00 saatnya empedu bekerja:

  • Saat itu juga tulang punggung kita memproduksi sel darah diharapkan supaya tidurnya lelap.

D. Jam 03.00 – 05.00 saatnya paru–paru membuang toksin (racun):

  • Saat beraktivitas, paru–paru  berkoordinasi dengan jantung, jadi baru bisa membuang racun pada saat ini. Bagi orang yang punya masalah dengan paru–paru, pada saat ini batuknya akan bertambah keras. Bagi penderita paru–paru yang akut, pada saat kita tidur pagi jam 03.00 – 04.00, ini adalah saat ketika paru-paru bisa kambuh. Jadi bila harus begadang, jangan melewati jam ini.

E. Jam 05.00 – 07.00 saat usus besar membuang toksin:

  • Adalah saat orang buang hajat besar, minimal satu hari satu kali untuk membuang toksin dalam tubuh melalui anus kita.

F. Jam 07.00 – 09.00 saat aktifnya usus kecil:

  • Saat ini usus kecil menyerap nutrisi dan kalori serta mencernanya, maka kita harus sarapan pagi. Jikalau belum sarapan dan belum buang hajat besar, maka saluran usus bisa menyerap kembali sampah yang dibuang diusus besar dan diolah kembali. Bila ini terjadi berlarut–larut, maka sangat tidak menguntungkan bagi tubuh kita.

II. POSISI TIDUR YANG PALING SEHAT

Bayi yang baru lahir memerlukan lebih dari 16 jam waktu tidur, orang muda dan orang separuh baya memerlukan waktu tidur 8 jam. Diantara mereka ada sekitar 10% orang yang setiap harinya hanya membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam waktu tidur sudah cukup, ada 15% orang yang waktu tidurnya melebihi 8 jam. Orang yang memasuki masa tua, waktu tidurnya perlahan-lahan mulai berkurang biasanya antara 5 – 6 jam sudah cukup.

Kita mempunyai 4 macam posisi tidur yang bisa menguntungkan atau merugikan. Menurut kondisi masing-masing orang, posisi tidur berikut ini bisa menjamin kualitas tidurnya atau justru memperburuk kesehatannya.

  • 1. Posisi tidur miring ke kiri: posisi ini bisa menekan jantung dan lambung terutama bagi penderita lambung dan penderita sakit liver serta empedu yang berbatu. Mereka di atas tidak cocok untuk tidur dengan posisi seperti ini.
  • 2. Posisi tidur miring ke kanan: posisi ini tidak menekan jantung, mempunyai rasa stabil dalam tidur. Kelemahannya adalah mengganggu pergerakan paru-paru sebelah kanan. Ini tidak cocok bagi penderita bengkak paru-paru.
  • 3. Posisi tidur terlentang: memilih tidur terlentang tidak menekan organ tubuh kita. Kelemahannya adalah menyebabkan lidah kita tertarik ke dalam dan mengganggu pernafasan kita. Ini tidak cocok untuk orang yang mendengkur atau orang yang mempunyai masalah dengan pernafasan.
  • 4. Posisi tidur tengkurap: posisi tidur ini bisa memberikan rasa keamanan. Posisi ini juga bisa membantu mengeluarkan debu. Dan sangat bermanfaat bagi mereka yang mempunyai gangguan pinggang, kelemahannya adalah jantung dan paru-paru tertekan.

Secara keseluruhan tidur terlentang tidak cocok bagi orang yang sakit. Tidur tengkurap walaupun tidak menyebabkan lidah masuk ke dalam dan pernafasan bisa lancar, tetapi jantung tertekan. Mungkin yang paling tepat adalah tidur dengan posisi miring ke kanan (kecuali bagi  penderita bengkak paru-paru).